Sign Up
StoriesMe is a Tools for Sharing Experiences and Stories to Provide Inspiration for Other People. Share with Friends, Family, and Other People.


Secara umum ada 2 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri, yaitufaktor lingkungan & zat hara.


7 Faktor lingkungan : suhu, pH, oksigen, tekanan osmosa.


נ Faktor zat hara : N, C, vitamin, mineral & air.



1. Faktor Lingkungan


a. Suhu


Faktor terpenting yang mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup. Suhu rendah memperlambat metabolisme sel, suhu tinggi meningkatkan taraf kehidupan sel. Tapi masing-masing mikroba mempunyai batas suhu maksimum dan minimum untuk pertumbuhan. Hal ini disebabkan di bawah suhu minimum atau di atas suhu maksimum aktivitas enzim akan berhenti, bahkan pada suhu terlalu tinggi akan terjadi denaturasi (penghancuran enzim). Pada umumnya bakteri pada suhu 250-300C. Pada suhu 1000C bakteri akan mati. Bakteri dibagi beberapa golongan berdasarkan untuk dapat tumbuh pada suhu tertentu:


1.Psikrofil


Suhu: 00 ‑ 50C > minimum


50- 150C > optimum


150- 200C > maksimum


Tetapi ada mikroba yang tumbuh pada sehu rendah pada golongan mesofil yang disebut psikrofil fakultatif(sembarang). Tapi bakteri laut yang kehidupannya 240C dan mati bila suhu 300C dalam beberapa menit disebut psikrofil obligat.Kebanyakan dari golongan ini hidup pada tempat dingin, seperti di laut, sehingga menimbulkan kesulitan untuk menyimpan makanan di lemari es.


2. Mesofil (meso=pertengahan, filik=menyukai)


Suhu: 100‑ 200C > minimum


200 - 400C > optimum


400- 500C > maksimum (bakteri belum mati)


Capang dan chamir dapat digolongkan ke dalam mesofil, dapat tumbuh dengan baik pada suhu 250-300C. Umumnya bakteri juga tumbuh pada suhu 300C.


3. Termofil


Suhu: 250 ‑ 450C > minimum


450- 600C > optimum


600 - 800C > maksimum (bakteri belum mati)


Bakteri golongan ini didapat pada sumber-sumber air panas dan temperatur tinggi.




b. pH (sangat berpengaruh pada pertumbuhan bakteri)


Nilai pH pada suatu media sangat mempengaruhi jasad renik/mikroba. Bakteri memiliki pH optimum 6,5-7,5; dimana pH di bawah 6,5 atau di atas 7,5 bakteri tidak dapat tumbuh dengan baik kecualibakteri asam asetat (<5 dan >8,5).


Chamir pada pH 4-5 dan dapat tumbuh pada pH 2,5-8,5. Berdasarkan daerah, pH ada 3 golongan :


1. Mikroba Asiodofilik : 2,0-5,0


2. Mikroba Mesofilik : 5,5-8,0


3. Mikroba Alkalifilik : 8,4-9,5



c. Oksigen


Berdasarkan kebutuhan oksigen, dibagi 3 kelompok, yaitu:


1. Aerob


2. Anaerob


3. Anaerob fakultatif (sembarang)



1. Aerob


Mikroba yang termasuk aerob selalu membutuhkan oksigen untuk pertumbuhannya karena energi diperoleh dari “respirasi aerobik” (adanya oksigen). Contoh: capang, chamir & bakteri


2.Anaerob


Mikroba yang termasuk golongan ini tidak memerlukan oksigen karena jika ada oksigen bakteri akan mati/terhambat. Contoh:Clostridium botulinum.


3.Anaerob Fakultatif


Mikroba yang termasuk golongan ini bisa tumbuh dengan adanya oksigen atau tanpa oksigen. Bakteri dapat bersifat aerob/anaerob karena bakteri mempunyai suatu enzim yang tergolong flavo proteinyang dapat bereaksi dengan oksigen membentuk senyawa beracun yaitu H2O2 & radikal bebas (O2). Bakteri ini juga mempunyai enzimSuperoksida Dismutasi (SD) yang menangkal radikal bebas tersebut dan enzim katalase yang menghambat sehingga dihasilkan senyawa tidak beracun.


SD memecahkan O2:


2O2+ 2H+enzim SD H2O + O-2




Flavo protein + SD H2O2 + O2


Sedangkan anaerob fakultatif juga mempunyai SD tapi tidak mempunyai enzim katalase. Katalisis > enzim peroksidase mengkatalis H2O2. Mikroba yang termasuk golongan anaerob fakultatif baik pada aerob/anaerob umumnya lebih cenderung ke aerob dari pada ke anaerob.



d. Tekanan Osmosis


Bakteri dipengaruhi juga oleh tekanan osmosa. Tekanan osmosa adalah tekanan yang terhimpun ketika air berdifusi melalui suatu membran. Kadarnya 0,9% atau lebih jangan kurang dari 0,9%.




Pada umumnya bakteri membutuhkan media isotonik, jika menggunakanmedia hipertonikbakteri tersebut akan mengkerut akibat air yang tertarik keluar. Kemudian bila larutan mediahipotonik, cairan akan masuk ke dalam dan menyebabkan sel mengembung sertaplasmolisis(akan pecah). Bakteri yang suka kadar garam tinggi disebut bakteri halofilik.Bakteri ini tidak memiliki dinding sel peptidoglika.



2. Faktor Zat Hara


Untuk pertumbuhan dibutuhkan zat hara, yaitu:


a. Nitrogen


Pada umumnya bakteri tidak dapat menggunakan nitrogen bebas, tetapi harus dalam bentuk garam nitrogen. N2diperlukan sebagai bahan dasar untuk protein, as.nukleat, dan vitamin. Dalam media bahan yang mengandung nitrogen berupa NH4Cl & “N” nya adalah “N” anorganik, seperti NaNO3 (N anorganik). Pepton (N organik).



b. Carbon


Sebagai sumber energi, karbon digunakan sebagai gula (sukrosa, laktosa, maltosa), pati dan glikogen. Untuk dapat menggunakan sumber karbon ini, bakteri menguraikan menjadi molekul-molekul yang kecil, kemudian digunakan untuk bahan dasar protein, peptida, dan nukleatida.




c. Vitamin & Faktor Pertumbuhan


Vitamin ini berfungsi sebagai koenzim. Vitamin yang diperlukan oleh bakteri, seperti:Riboflavin, As.Pentotenat, Tiamin, As.Nikotenat, & Brotin. Vitamin sebagai koenzim/bagian lain dari bahan dasar sel. Koenzim berkaitan dengan protein (sel koenzim adalah bagian aktif dari energi yang berkaitan dengan bagian protein dari energi tersebut).


Selain vitamin, bakteri juga memerlukan faktor pertumbuhan, seperti pemula (prekursor), protein, atau bahan lainnya. Yang tersedia dari faktor pertumbuhan adalah bahan kimia yang diperlukan bakteri.


Senyawa kimia seperti As.Fimelat (pemula untuk biotin), Beta alanin (pemula dari As.Pantotenat), purin/pirimidin (untuk sintesa as.nukleat).



d. Garam mineral


Beberapa garam organik > essensial. Sulfur ((NH4)2SO4) digunakan sebagai koenzim. Sulfur, As.nukleat, fosfolida,dan ATP diberikan sebgai dikalium hidrogen fosfat (K2HPO4) dan kalium hidrogen fosfat (KHPO4). K, Mg, Mn, Ca sebagai kofaktor dalam berbagai enzim, dll.



e. Air





Bakteri memerlukan air sebanyak 80%, sehingga air diperlukan untuk pertumbuhan dan pembiakan bakteri. Air yang digunakan dalam pembuatan media adalah aquadest, karena air dalam keran mengandung bahan organik/anorganik yang selalu tidak sama dengan yang dibutuhkan bakteri.

me dont like me..
All times are GMT. The time now is 4:19 am.